Jumat, 18 Oktober 2013

MATERI GEOGRAFI KELAS X



METODE PENDEKATAN GEOGRAFI
1.       Pendekatan keruangan
Pedekatan keruangan (spatial approach) merupakan pendekatan yang dalam pelaksanaannya berdasarkan prinsip penyebaran, prinsip interelasi, dan prinsip deskripsi.
a.       Pendekatan Topik
Pendekatan yang dilakukan dalam mempelajari masalah geografi di wilayah tertentu berdasarkan topic  tertentu sebagai perhatian utama dan tidak boleh dilepaskan  hubungannya dengan ruang yang menjadi topic yang dikaji.
b.      Pendekatan Aktivitas manusia
Pendekatan yang dilakukan dalm mempelajari maslah geografi di wilayah tertentu berdasarkan aktivitas manusia/penduduknya
c.       Pendekatan Regional
Pendekatan yang dilakukan dalam mempelajari masalah geografi di wilayah tertentu berdsarkan suatu masalah dari region tempat gelaja atau masalah tersebut tersebar.
2.       Pendekatan Ekologi
Pendekatan ekologi (ecological Approach) merupakan suatu metodologiuntuk mendekati, menelaah dan menganalisa suatu gelaja atau masalah geografi dengan menerapkan  konsep dan prinsip ekologi.
3.       Pendekatan Kronologi
Pendekatan kronologi (history Approach) merupakan metodologi dengan menggunakan dimensi urutan waktu atau dimensi sejarah
4.       Pendekatan system
Penedekatan system (system Approach) merupakan cara meninjau suatu hal sebagai bagian dari keseluruhan yang besar yang diterapakn pada masalah yang merupakan suatu system
PRINSIP GEOGRAFI
1.       Prinsip Penyebaran
Prinsip penyebaran merupakan suatu gejala dan fakta yang tersebar tidak merata di permukaan bumi yang meliputi bentang alam, tumbuhan, hewan dan manusia.
2.       Prinsip Interelasi
Prinsip interelasi merupakan suatu hubungan saling terkait dalam ruang erlihat, hubungan antara faktor fisis dengan faktor fisis, faktor manusia dengan faktor manusia dan faktor fisis dengan faktor manusia dapat terungkap.
3.       Prinsip deskripsi
Merupakan suatu penjelasan lebih jauh mengenai gejala-gejala yang diselidiki/dipelajari.
ASPEK-ASPEK GEOGRAFI
1.       Oikumene dan pemukiman
2.       Persebaran penduduk
3.       Kepadatan penduduk
4.       Perubahan penduduk
5.       Migrasi penduduk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar